Fungsi Component Yang Ada Pada VB6

Juni 29, 2015
SERPChecker - Get deep insights into Google SERP
Fungsi Component Yang Ada Pada VB6

CARAKU404.COM | Update artikel kali ini saya juga masih membahas seputar Visual Basic 6.0 ataupun lebih dikenal dengan VB6. Namun yang saya bahas kali ini bukan cara untuk membuat program melainkan fungsi dari beberapa komponen yang ada pada visual basic 6.0 yaitu : FRAME, LABEL, TEXTBOX dan COMMAND. ini sangat penting bagi anda yang baru belajar pemograman menggunakan VB6, anda dikhususkan terlebih dahulu tau apa fungsi dari masing-masing component yang ada pada menu visual basic 6.0 ini. Nah, buat anda yang baru belajar tentang pemograman menggunakan VB6 sekarang mari kita simak, saya akan membahas 4 component itu terlebih dahulu, dan untuk component lainnya akan saya update pada artikel selanjutnya.
  • FRAME : Frame dalam bahasa inggris berarti bingkai, dan pada VB6 frame juga berfungsi sebagai bingkai. Biasanya orang memakai frame pada sebuah program yang dibuatnya agar tampilan programnya lebih bagus ataupun dinamis. Pada frame tersebut kita juga dapat memasukkan keterangan, misalkan kita ingin membuat sebuah program input data, maka pakailah sebuah form untuk area input data tersebut.
  • LABEL : Label yang ada pada VB6 berfungsi sebagai keterangan. Label biasanya digunakan berdampingan dengan TextBox karena label kita pakai untuk keterangan pada sebuah program, agar si pengguna dapat dengan mudah memasukkan datanya sesuai pada kolomnya masing-masing.
  • TEXTBOX : Seperti yang saya bilang diatas, textbox ini dipakai berdampingan dengan label karena textbox berfungsi sebagai kolom untuk menginput data yang akan kita masukkan pada sebuah program yang akan kita buat.
  • COMMAND : Pada visaual basic, commond berfungsi sebagai tombol. Namun tombol untuk apa ? iya command digunakan untuk membuat sebuah tombol pada program yang akan kita buat, dari commandnya biasanya digunakan sebagai tombol simpan, hapus, keluar dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya silahkan anda klik gambarnya agar besar, pada gambar tersebut anda bisa melihat masing-masing componet yang telah saya masukkan pada sebuah form. Yang diatas adalah component yang masih standart belum ada keterangannya dan yang dibawah adalah component yang telah saya ubah sesuai dengan keterangan ataupun fungsinya masing-masing. Itu adalah component yang utama yang ada pada visual basic agar program anda dapat mudah dimengerti oleh si pengguna. Selain itu, Label selain berfungsi sebagai keterangan ada banyak juga beberapa fungsi yang dapat kita pakai dengan menggunakan label, contohnya kita juga bisa membuat jam digital dan kelender dengan label tersebut.

Nah, jika anda ingin mengubah keterangan ataupun kata yang ada pada masing-masing componet tersebut berbeda-beda. Untuk mengubah kata yang ada pada label dan command sera frame, anda cari menu caption yang ada pada properties disebelah kanan dan ubah tulisan label 1 dengan keterangan yang anda ingin buat. Namun berbeda dengan componet Texbox, pada properties sebelah kanan anda tidak akan menemukan menu caption, lalu bagaimana cara mengubahnya ? Untuk componet texbox pada properties carilah menu " text " dan hapuslah tulisan text 1 tersebut agar kosong. Kenapa harus kosng, iya agar memudahkan si pengguna saat akan memasukkan datanya tinggal klik pada kolom tersebut da langsung memasukkan datanya tanpa harus menghapus terlebih dahulu text yang ada pada textbox tersebut.

Hanya sekianlah, yang dapat saya share seputar fungsi dari componet yang ada pada visual basic semoga bisa bermanfaat dan memudahkan anda dalam belajar. Jika ada pertanyaan silahkan anda tanyakan pada kolom komentar yang ada dibawah artikel ini. Serta jangan lupa untuk berkunjung dilain waktu karena CARAKU404.COM akan selalu mengupdate artikel lainnya setiap saat.

Terimakasih

Tampilkan Komentar