Konsep Dasar Manajemen Bisnis Yang Harus di Penuhi

September 28, 2017
SERPChecker - Get deep insights into Google SERP
Konsep Dasar Manajemen Bisnis Yang Harus di Ketahui
Dasar Manahemen Bisnis
Dasar Manajemen Bisnis merupakan suatu dasar yang harusdipenuhi oleh setiap para pelaku bisnis untuk kelancaran bisnis yang sedang dikelalonya. Secara umum manajemen bisnis merupakan suatu proses dari serangkaian kegiatan dalam bisnis yang mencangkup perencanaan, pengarahan, pengorganisasian serta pengawasan dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan secara efektif dan efesien. Umumnya, dasar-dasar menajemen bisnis sangatlah patut untuk dipahami oleh pembisnis yang sedang mengembangkan bisnisnya.

Tujuan menerapkan manajemen bisnis adalah agar bisnis tersebut dapat berjalan sesuai dengan pengelolaan yang sudah di rencanakan sebelumnya. Ada beberapa hal yang mencakup manajemen bisnis yang harus dipenuhi, diantaranya adalah :

  • Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Produksi
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Keuangan
  • Serta Informasi yang Cukup

Nah, semua dasar-dasar manajemen diatas haruslah terpenuhi secara rinci dan baik dalam suatu bisnis agar bisnis tersebut dapat berjalan sesuai perencanaan kita sebelumnya.

#Dasar Manajemen Bisnis Yang Harus di Penuhi Saat Membangun Bisnis


Nah, bagi anda yang selaku para pelaku bisnis, ada baiknya anda bisa menerapkan ataupun memenuhi dasar dari manajemen bisnis terhadap bisnis yang sedang anda kelola agar dapat berjalan denga baik. Berikut adalah 5 Dasar Manajemen Bisnis Yang Harus di Penuhi.

1. Manajemen Sumber Daya Manusia


Yang pertama dari manajemen bisnis adalah adalahnya sumber daya manusia ( SDM ). Sumber daya manusia juga tidak kalah penting untuk potensi berkembangnya suatu bisnis. Namun, selain sumber daya manusia, hal pokok lainnya yang harus terpenuhi adalah Modal ataupun material. Sebenarnya, ada tiga komponen yang sangat berperan penting dalam pengelolaan sumber daya manusia, diantaranya adalah : Sumber Personalia, Humen Resource Development (HRD), serta Human Resource Management (HRM). 


Dari tiga komponen diatas, ketiga-ketiga nya mempunyai peran tersendiri. Personalia berfokus pada hubungan employer dan employee yang bersifat Administratif. Selanjutnya, HRD ataupun Human Resource Development berperan sebagai Perencana Strategies tenaga kerja. Sedangkan HRM sendiri berperan sebagai perencana, pengorganisasian, serta pengendali SDM sebagai salah satu aset penting untuk bisnis tersebut.

2. Manajemen Produksi


Selain Manajemen SDM, Manajemen Produksi juga tidak kalah penting dalam pengelolaan bisnis. Produk adalah output ataupun keluaran dari suatu bisnis maupun perusahaan yang melibatkan kepuasan pelanggan, baik itu dalam bentuk barang maupun jasa yang ditawarkan.

Tanpa adanya pengetahuan tentang nilai produksi, maka bisnis yang sedang dijalankan sangat fatal dan bisa berakibat kerugian secara materi yang sangat besar. Jika pada suatu bisnis, output yang dihasilkan ternyata tidak memiliki nilai jual, maka ini bisa berakibat pula terhadap runtuhnya suatu bisnis lebih awal seperti yang sudah terjadi dibanyak kalangan pembisnis.

Manajemen Produksi yang bagus adalah direncanakan, dikelola serta dikendalikan atas dasar sudut pandang keinginan serta kepuasan konsumen. Dalam hal ini, ada baiknya, dilakukan survei terlebih dahulu untuk melihat daya tarik dari masyarakat.

3. Manajemen Pemasaran


Pemasaran dalam suatu bisnis merupakan poin utama agar bisnis tersebut dapat berkembang secara baik ataupun bisa kita artikan sebagai kegiatan yang menciptakan nilai ekonomi terhadap produk dan jasa. Manajemen pemasaran merupakan suatu metode untuk merencanakan bagaimana suatu produk ataupun jasa dapat diterima oleh masyarakat.


Dasar manajemen ini juga berperan untuk mengenalkan perusahaan ataupun bisnis yang kita jalankan kepada masayarak umum. Keberhasilan suatu bisnis tidak terlepas dari seberapa pentingnya bisnis tersebut dibutuhkan oleh masyarakat. Semakin banyak peminat terhadap produk ataupun jasa yang kita tawarkan maka semakin besar pula peluang bisnis tersebut untuk maju dan berkembang dengan pesat.

4. Manajemen Keuangan


Manajemen keuangan secara singkat adalah bagaimana untuk memperolah dan mengelola uang dari suau perusahaan. Manajemen keuangan berkaitan erat dengan masuk dan keluarnya uang dan investasi, dana produksi dan sumber dana lainnya. 

Keuangan yang baik, haruslah dimiliki oleh perusahaan ataupun bisnis yang sedang berkembang. Kenapa, karena jika dana perusahaan tidak dikelola dengan baik, maka akan berdampak fatal pada bisnis tersebut, serta inflasi pada perusahaan, dimana dana pengeluaran lebih besar dari pemasukkannya.

Ada baiknya manajamen keuangan suatu perusahaan setidaknya mengetahui dan mempelajari bagaimana bisa memperolah dana dan mengelola dana tersebut dengan baik.

5. Manajemen Informasi


Manajemen Informasi dalam hal ini adalah kegiatan untuk memastikan bahwa bisnis yang sedang dikembangkan tersebut dapat berjalan dengan baik dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Manajemen Informasi sangat krusial disaat bisnis tersebut diawal perkembangannya mengalami masa sulit, dan ditengah masa komputer yang sangat berkembang.

Jika suatu bisnis kekurangan suatu informasi, maka akan sangat berdampak pada ketidak mampuan mengendalikan sumber daya yang ada, sehingga akan berpengaruh terhadap pengambilan suatu keputusan, baik itu untuk jangka waktu yang pendek maupun untuk jangka waktu yang lama.


Manajemen Informasi yang baik adalah mampu memberikan sumber informasi yang mendukung suatu bisnis untuk berkembang seperti hal nya informasi tentang kompetitor ataupun para pesaingnya.

Intinya : Dalam suau bisnis yang sedang berkembang, maka dasar-dasar manajemen bisnis yang telah kita bahas diatas sangatlah penting demi keberhasilan suatu bisnis. Keberhasilan suatu bisnis tidak ditentukan oleh seberapa besar modal yang anda miliki, akan tetapai seberapa baik anda bisa mengelola sumber daya yang telah ada dan bisa menciptakan lingkungan kerja yang efektif serta efesien.

Demikianlah artikel tentang Konsep Dasar manajemen Bisnis yang harus dipenuhi. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambahkan wawasan kita semuanya. Jika ada yang kurang jelas dengan penjelasan diatas, maka silahkan bertanya dikolom komentar. Jangan lupa untuk share artikel ini agar orang lain juga bisa mengetahui dasar manajemen bisnis tersebut. ☺


Tampilkan Komentar