6 Tips Memasarkan Bisnis Dengan Youtube Videos

September 07, 2018

6 Tips Memasarkan Bisnis Dengan Youtube Videos
Youtube Markting Tips

Sejak diperkenalkan pada tahun 2005, situs video sharing / media sosial YouTube telah menjadi alat periklanan dan pemasaran yang sangat diperlukan untuk bisnis di setiap industri, dari segala ukuran untuk mempromosikan produk mereka ke prospek dan pelanggan.

Jangkauannya luas dan global.

  • 1,3 miliar orang menggunakan YouTube.
  • 300 jam video diupload setiap menit.
  • 5 miliar video ditonton setiap hari.
  • 80 persen orang berusia 18-49 menonton YouTube.


Hampir setiap jenis bisnis bisa mendapatkan keuntungan dari saluran ini, termasuk bisnis online, bisnis offline kecil, bahkan freelancer dan konsultan yang menawarkan layanan mereka.

Alasan mengapa begitu banyak bisnis menggunakan pemasaran YouTube adalah sangat efektif. Tidak hanya cara untuk menjangkau audiens yang sangat besar tapi juga merupakan salah satu saluran pemasaran online paling efektif biaya.

  1. Video, pada hakikatnya, terlibat dengan prospek dan membuat mereka terus mengawasi untuk mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya-dan memaksa mereka untuk bertindak. Sebenarnya, menurut studi SmallBizTrends, 70 persen pemasar mengatakan bahwa video bertanggung jawab atas sebagian besar konversi mereka.
  2. Di pasar ramai ini, ramai orang ramai-yang mana semua orang akhir-akhir ini, bukan? -sangat menghargai kemampuan menonton iklan, alih-alih membacanya.
  3. Video YouTube mudah dicari dengan kata kunci-keduanya di YouTube sendiri dan melalui Google, perusahaan induknya. Dan video terkait muncul setiap kali seseorang menonton video-itu berarti Anda menjangkau khalayak khusus dengan mudah.


Ambil Michelle Phan, yang mulai mengunggah tutorial make-up di tahun 2007 adalah contoh sempurna untuk menghasilkan uang dengan YouTube. Dia memiliki jutaan penayangan di berbagai video sejak saat itu dan memiliki 8 juta pelanggan. Ketenaran YouTube-nya telah memungkinkan dia untuk memulai membuat sendiri up-up line (senilai $ 500 juta) dan membuat jaringan sendiri YouTube.

Seperti yang bisa Anda lihat, jika Anda tidak belajar menggunakan pemasaran YouTube untuk bisnis Anda, Anda mungkin kehilangannya.

#Memulai Dengan Video YouTube Anda


Membuat video mungkin terdengar mengintimidasi. Tapi sebenarnya sangat tidak menyakitkan untuk mengetahui cara menggunakan YouTube ke pasar untuk bisnis Anda jika Anda mengikuti beberapa panduan spesifik yang memastikan video Anda ditemukan, ditonton, dan memaksa pemirsa untuk bertindak.

#1. Cari tahu Format Anda


Tidak ada format yang tepat untuk video pemasaran yang efektif. Gaya tertentu bekerja paling baik untuk relung tertentu. Dan beberapa akan beresonansi dengan audiens Anda. Lihat daftar di bawah ini dan beri mereka usaha untuk menentukan mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda.
  • Kepala bicara
  • Wawancara
  • Screenshare (di mana Anda memfilmkan apa yang Anda lakukan di layar komputer)
  • How-to atau tutorial
  • Penjelajah
  • Vlog (blog video)
  • Review produk

Jika Anda memiliki bisnis batu bata dan mortir, Anda bahkan bisa mengunggah video gaya komersial TV di TV.

#2. Membuat Video


Hal yang hebat tentang video pemasaran YouTube adalah mereka tidak harus mahal untuk dibuat dan "profesional." Anda bahkan bisa menggunakan ponsel cerdas Anda untuk memfilmkan video.

Tapi pastikan Anda memiliki pencahayaan yang baik, jadi semua yang ada di layar bisa terlihat dengan jelas. Juga, pastikan bahwa suara itu jelas-itulah satu alasan mengapa Anda mungkin ingin membeli mikrofon di beberapa titik.

Baca Juga : Tips Menggunakan Video Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis

Pertimbangkan untuk menggunakan tripod agar kamera tetap stabil. Anda kemudian bisa menggunakan software editing video dasar untuk menambahkan judul dan mengedit kesalahan atau beralih di antara berbagai gambar.

Video harus berdurasi sekitar 3 sampai 4 menit. Seringkali bahkan video yang lebih pendek bekerja paling baik, terutama yang dimaksudkan untuk dibagikan di media sosial. Lihat apa yang bekerja untuk audiens Anda.

#3. Kata kunci


Kata kunci terkait dengan video Anda. Jika Anda menjual video pelatihan anjing secara online, beberapa kata kunci bisa menjadi "pelatihan anjing" atau "pelatihan ketaatan," misalnya. Anda memasukkan kata kunci tersebut di judul video, deskripsi, dan tag Anda.

Dengan kata kunci tersebut, beri tahu mesin pencari apa isi video dan artinya saat orang mencari video seperti milik Anda, mereka akan menemukannya.

Anda bisa menemukan kata kunci "hot" di niche Anda yang mendapatkan banyak pencarian menggunakan Google Keyword Tool.

Anda juga dapat melihat video dari pesaing Anda dan menggunakan kata kunci yang sama seperti yang mereka lakukan.

#4. Sertakan Panggilan Efektif untuk Bertindak


Inti dari video YouTube Anda adalah menarik pemirsa yang kemudian melakukan tindakan yang membuat mereka lebih dekat menjadi pelanggan Anda. Biasanya Anda tidak langsung menjual sesuatu di YouTube. Sebagai gantinya, Anda menghasilkan petunjuk yang dapat dipasarkan secara terus-menerus.

Dalam deskripsi video Anda, Anda harus menyertakan tautan ke situs web, blog, atau halaman arahan Anda. Anda juga harus memberitahu orang-orang tentang alamat web yang akan dikunjungi di akhir video Anda. Ke mana pun Anda mengirimnya, pastikan Anda memiliki cara untuk menangkap informasi kontak mereka, seperti alamat web.

Beberapa ajakan bertindak lainnya untuk memasukkan meminta mereka untuk menilai video Anda, berlangganan Saluran YouTube Anda, dan mengikuti Anda di Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya. Anda juga dapat mendorong orang untuk mengeposkan video Anda di media sosial atau blog mereka ... atau bahkan membaginya langsung dengan teman.

#5. Jadilah Sosial


Ingat bahwa YouTube adalah jaringan sosial. Itu berarti Anda harus memiliki kehadiran aktif. Saat seseorang berkomentar di salah satu video Anda, berpadu dan berterima kasih pada mereka. Jika seseorang mengajukan pertanyaan-jawablah.

Anda juga harus mengomentari video orang lain ... Anda mungkin mendapati bahwa pemirsa tersebut datang untuk memeriksa saluran Anda. Teknik lainnya adalah membuat daftar putar video dengan tema atau topik serupa. Anda bisa memasukkan video Anda, dan juga video lainnya.

#6. Promosikan Video Anda


Anda tidak ingin menunggu orang menemukan video Anda di YouTube. Beritahu dunia bahwa mereka ada di sana. Sebarkan berita di blog Anda, kirimkan ke situs Anda, kirimkan ke Facebook dan LinkedIn, kirim link dari Twitter, kirim email ke daftar Anda ...

Namun, Anda menghubungi prospek dan pelanggan Anda, memberi tahu mereka tentang video YouTube Anda.

#Sekarang kamu sudah siap


Mulai sederhana. Saat Anda mulai menggunakan pemasaran YouTube untuk bisnis Anda, ini adalah proses pembelajaran.

Saat Anda membuat lebih banyak video, Anda akan menjadi lebih baik dalam pembuatan film, memperbaiki gaya dan format yang Anda gunakan, dan memperbaiki penggunaan kata kunci Anda. Jangan lupa untuk mendapatkan kata tentang video Anda melalui media sosial dan metode lainnya. Dan konsisten; upload video baru secara teratur

Seiring waktu, Anda akan menumbuhkan pemirsa dan pemasaran YouTube akan menjadi saluran iklan penting bagi bisnis Anda.

Itulah 6 Tips Memasarkan Bisnis Dengan Youtube Videos. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda semuanya dalam mengembangkan serta memasarkan berbagai produk yang terdapat pada bisnis yang anda jalankan.


Tampilkan Komentar