Apa Itu Affinity Marketing dan Manfaatnya Bagi Pemasar

Agustus 11, 2018

Apa Itu Affinity Marketing dan Manfaatnya Bagi Pemasar
Affinity Marketing

Affinity Marketing - Ketika kita mengatakan Affinity Marketing, kita berarti partner antara merek pelengkap yang menjualsuatu produk yang sejenis atau yang kompatibel dengan cakupan agar meningkatkan suatu kesadaran. Upaya bermitra juga membawa kesuksesan dan saling menguntungkan antara kedua mitra dengan menargetkan khalayak dengan jangkauan yang lebih luas. Meski begitu, pemasaran Affinity tidak hanya berbatas pada dua entitas ini saja. Hal ini juga dapat melibatkan beberapa perusahaan yang dap at saling menguntungkan sama lain dengan melibat kelompok afinitas yang sama.

Apa Itu Affinity Marketing ?


Banyak jenis bisnis yang dapat bermitra dengan kelompok afinitas, terlepas dari ukuran dan cakupan serta produk yang ditawarkan. Bisnis ini juga bisa berasal dari industri yang berbeda, mulai dari kafetaria kecil sampai dengan perusahaan credit card terbesar.

Contoh Affinity Marketing sederhana yaitu tim olahraga yang menampilkan berbagai logo branding pada pakaian mereka. Tim olahraga juga mendapatkan uang dan sponsor untuk membeli berbagai peralatan yang jauh lebih baik dan menghabiskan lebih banyak tim. Logo tersebut mendapatkan merek yang diakui dan mereka dapat melihat dasi sebagai latihan.

Begitu pula, jika Anda dapat melihat setiap portal perjalanan, maka anda juga akan melihatnya sebagai affinity group dimana banyak orang yang berkolaborasi satu dengan lainnya. Contohnya, agen perjalanan, maskapai penerbangan, perkeretaapian, pemasok makanan, koordinator perjalanan lokal, dan lainnya. Selain itu, anggota affinity group juga berlangganan kategori besar,serta dapat bervariasi dari individu ke entitas organisasi. Ini berarti bahwa pemegang saham tersebut, penggemar klub olahraga, pengusaha, atau bahkan pelanggan dapat disertakan dalam kelompok affinity ini.


Manfaat Affinity Marketing bagi Pemasok


Saat anda bermitra dengan affinity group, pemasok memiliki keuntungan utama yaitu memiliki akses ke informasi pada kelompok afinitas, oleh karena itu mereka mendapatkan lebih banyak pengetahuan ke dalam target pemirsa yang telah disederhanakan. Keuntungan ini juga dibundel dengan penurunan biaya pada penelitian pemasaran, dengan begitu, mereka memiliki banyak kesempatan untuk melaksanakan berbagai program penelitian bersama dengan anggota kelompok afinitas tersebut. Dengan begitu, mereka dapat menghasilkan penjualan produk mereka dengan harga lebih rendah, dan keuntungan juga memperoleh lebih banyak pelanggan.

Nilai masa pakai pelanggan juga relatif tinggi, karena suplier akan menghabiskan
 sedikit waktu pada tingkat retensi, ataupun hanya karena pelanggan akan melakukan banyak pembelian melalui berbagai anggota kelompok afinitas lainnya. Manfaat signifikan lainnya yang tidak dapat diabaikan yaitu peningkatan citra bisnis terutama jika mitra bisnis terhadap organisasi yang sudah memiliki hubungan erat dengan sekelompok konsumen.

Manfaat Affinity Marketing Bagi Pelanggan


Pelanggan juga dapat keuntungan lebih dari kemitraan ini, namun juga bergantung pada sifat kelompok afinitas serta jenis produk maupun layanan yang mereka beli. Contohnya, mereka dapat membeli suatu produk dengan diskon harga tambahan dan mereka lebih mempercayai apa yang mereka beli, dikarenakan kemitraan antara kelompok afinitas denganperusahaan mereka. Selain itu, mereka juga memiliki kemungkinan untuk dapat membeli berbagai barang yang telah dirancang secara khusus untuk mereka, seperti halnya kasus klub olahraga.

Konsumen akhir juga bisa mendapatkan kepuasan pribadi dikarenakan mereka merasa bahwa telah memicu suatu pembayaran yang tidak langsung terhadap kelompok afinitas yang terkait dengan nilai pembelian mereka.

Nah itulah sedikit pembahasan terhadap Affinity Marketing dan Manfaatnya Bagi Pemasar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda semua dalam menjalankan Strategi Pemasaran, baik itu pemasaran online maupun pemasaran offline.


Tampilkan Komentar