3 Jenis Tes Seleksi Penerimaan CPNS 2018 Yang Wajib Kamu Tau

September 25, 2018

3 Jenis Tes Seleksi Penerimaan CPNS 2018 Yang Wajib Kamu Tau
Tes CPNS 2018

Seleksi penerimaan CPNS 2018 sudah di depan mata. Coba ingat-ingat lagi, apa saja prasyarat yang masih kurang? Selain mempersiapkan beraneka dokumen, satu hal penting yang juga patut menjadi prioritas yaitu mempelajari tesnya. Nah, silakan simak tiga variasi tes seleksi CPNS ini.

Terdiri dari dua variasi tes seleksi CPNS, yaitu Percobaan Kompetensi Dasar (TKD) dan Percobaan Kompetensi Bidang (TKB). TKD dibagi lagi menjadi Percobaan Wawasan Kebangsaan (TWK), Percobaan Intelegensi Awam (TIU), dan Percobaan Karakteristik Pribadi (TKP). Seandainya Anda lolos TKD, barulah nanti dilanjutkan dengan TKB pada hari yang berbeda.

Masing-masing peserta tentunya memiliki target untuk bisa masuk instansi dambaan. Agar tak bingung dikala menghadapi tes seleksi CPNS di hari H, CekAja bakal memberi sedikit ?bocoran? mengenai teladan soal dan variasi tes seleksi CPNS, cara penilaian, passing grade, sampai batas waktu yang nanti berikan. Yuk, simak bersama di sini!

Seluruh Percobaan Dikerjakan Berbasis Komputer


Saat tes berlangsung, Anda tak perlu membawa alat tulis sama sekali. BKN (Badan Kepegawaian Negara) sudah mengusung CAT sebagai media tes para peserta CPNS. Apa itu CAT? CAT yang memiliki kepanjangan Computer Assisted Test yaitu suatu cara seleksi dengan alat tolong komputer.

Dengan cara seperti ini, peserta bisa menjalankan soal ujiannya lewat layar monitor. Seluruh soalnya berbentuk pilihan ganda dari A sampai E, sehingga Anda cukup menerapkan mouse untuk mengklik pilihan yang dianggap benar.

Sempurna jumlah soal yang patut dikerjakan yaitu sebanyak 100 soal dalam waktu 90 menit atau 5.400 detik. Berarti untuk satu soal, pastikan Anda mengerjakannya dalam waktu optimal 54 detik saja.

Mengetahui Lebih Jauh 3 Variasi Percobaan CAT

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Percobaan Kompetensi Dasar (TKD) meliputi 3 ragam tes seleksi CPNS berbeda yaitu Percobaan Wawasan Kebangsaan (TWK), Percobaan Intelegensi Awam (TIU), dan Percobaan Karakteristik Pribadi (TKP). Berikut perbedaan dari ketiganya:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK yaitu tes yang menguji seberapa besar pengetahuan Anda kepada kebangsaan dan kewarganegaraan Indonesia. Mulai dari soal Pancasila, UUD 1945, sejarah pengorbanan bangsa, sampai metode tata negara. Berikut figur soalnya:

Relasi sosial yang selaras, selaras, seimbang antara individu dan masyarakat, dijiwai oleh poin-poin Pancasila, yaitu;
  • Sila pertama
  • Sila kedua
  • Sila ketiga
  • Sila keempat
  • Sila kelima

Jawabannya yaitu B, sila kedua karena merepresentasikan kemanusiaan bagi seluruh rakyat Indonesia yang sama dengan gambaran pada soal.

2. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Dalam percobaan ini, Anda akan disuguhi soal-soal berupa pengetahuan lisan dan numerik. Lisan umpamanya persamaan kata, antonim, atau padanan kata suatu kalimat. Termasuk kesanggupan berpikir logis berupa silogisme serta analitis dalam soal spasial. Sekiranya numerik, berisi soal hitungan dasar seperti aljabar dengan deret angka.  Cek contoh soalnya di bawah ini:

Supir : Beroda

  1. Pesawat : Penerbang
  2. Kuda : Pedati
  3. Masinis : Kereta Api
  4. Delman : Kusir
  5. Penerbang : Masinis

Jawaban dari soal padanan kata di atas yakni C. Masinis sama dengan supir yang berarti predikat,dan kereta api sama dengan kendaraan beroda empat yang yakni objek. Maka dari itu, keduanya diucapkan sepadan.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Untuk soal TKP, Anda baru boleh memilih jawaban yang paling baik di antara yang lain. Sebaiknya pun jujur dalam menjawab soal, mengingat jawaban hal yang demikian bisa mencerminkan kepribadian Anda. Adapun contoh soalnya yakni:

Ketika aku sedang tak sibuk dan secara mendadak diminta menggantikan tugas teman yang dirawat di rumah sakit, karenanya aku akan

  • Mempelajari tugas hal yang demikian sebelum diminta
  • Dengan segera menyanggupi untuk menggantikannya
  • Minta dia untuk mencari teman lain yang bisa mengganti
  • Menentukan untuk mendapatkan tugas hal yang demikian
  • Mencarikan teman lain untuk mengganti

Di tipe soal seperti ini, tak ada jawaban yang pasti benar. Masing-masing jawaban memiliki nilai terendah 1 dan tertinggi 5. Intinya semakin arif jawaban, semakin tinggi pula nilainya.

Cara Pengevaluasian dan Passing Grade


Dengan jumlah soal keseluruhan 100 butir, maka cara penilaian dalam tes seleksi CPNS ditentukan berdasarkan passing grade dengan gambaran sebagai berikut:

  • 35 soal TKP (nilainya antara skala 1 s.d. 5, tak ada skor 0)
  • 35 soal TIU (nilainya 0 jika salah, 5 jika benar)
  • 30 soal TWK (nilainya 0 jika salah, dan 5 jika benar)
  • Jadi jika segala soal dijawab dengan pas maka skor maksimumnya adalah 500, dan skor minimumnya adalah 35. Tidak perlu cemas jika ada jawaban yang salah, karena tak ada cara pengurangan skor dalam ujian ini.

Begitula kaprah-kaprah review mengenai jenis-jenis tes yang akan diujikan dalam seleksi CPNS. Jauh sebelum hari H, sebisa mungkin lakukan survey tempat ujian agar tak nantinya tak kehabisan waktu di jalan.

Untuk dresscode, gunakan kemeja putih polos lengan panjang, bawahan hitam polos, dan sepatu pantofel hitam. Jangan lupa juga bawa kartu ujian, KTP, dan dokumen persyaratan dalam satu map. Selamat berjuang, semoga lolos!


Tampilkan Komentar